Sunday 26 April 2015



PEMBINAAN DAN PELATIHAN PEDAGANG PASAR DAERAH TAHUN 2015

            Kamis, 26 maret 2015 langit di kawasan paiton tampak cerah tidak ada tanda-tanda akan turun hujan. Detik demi detik berlalu sampai waktu menunjukkan jam 8 pagi. Sekilas tidak ada yang berbeda dengan hari-hari sebelumnya tapi disisi lain kawasan paiton tepatnya di wilayah paiton sebelah timur POH 2 Ipmomi-PE gedung training center CSR PT. Ipmomi-Paiton Energy tampak ada keramaian karena untuk pertama kalinya gedung tersebut akan difungsikan.
            Gedung megah yang menghadap ke arah barat tersebut terlihat bersih dan asri. Suasana disekitar gedung tersebut sangat tenang dan sejuk. Gedung yang bisa menampung lebih dari 50 orang tersebut memang diperuntukkan untuk kegiatan masyarakat, hal ini sesuai dengan tujuan awal dibangunnya gedung tersebut.
            Dipagi yang cerah di dalam gedung tersebut akan diadakan pelatihan dan pembinaan kepada pedagang pasar di kawasan kabupaten probolinggo. Tampak panitia sibuk mempersiapkan semua kebutuhan acara. Ada yang sibuk mempersiapkan konsumsi, sound sistem, dokumentasi, penerima tamu, serta mengecek semua hal. Jam sudah menunjukkan 9:30 wib pedagang pasar, koordinator pasar, serta peserta yang lain mulai berdatangan. Tampak penerima tamu sibuk mengarahkan peserta untuk membubukan tanda tangan mereka di atas buku tamu, tampak penerima tamu yang lain memberikan materi dan 1 kotak kue untuk peserta yang sudah selesai registrasi.
            Disudut lain ada beberapa petinggi PT. Ipmomi-Paiton Energy berkumpul bersama staf, jajaran dispenda, diskop, disperindag, tampak pula staf pasar paiton sibuk mengobrol dengan mereka. Memang dalam acara tersebut mereka diundang sebagai nara sumber untuk memberikan pembinaan bagi pedagang dan pelaku pasar.
            9:00 wib, pembawa acara mengucapkan salam, acara yang dipandu langsug oleh staf Dispenda sudah dipadati peseta tampak pula disisi depan ada sejumlah jajaran pemerintah kabupaten probolinggo, seperti Kadispenda, kabid Dispenda, Diskop, Disperindag, dan perwakilan PT. Ipmomi-Paiton Energy. Acara pun dimulai dengan pelaporan panitia kepada peserta, dilanjutkan sambutan dari PT. Ipmomi-Paiton Energy yang sangat mengapresiasi acara tersebut. Setelah itu sambutan Kadispenda yang sedikit banyak memberitahukan tentang pentingnya penegakan peraturan di pasar. Sambutan pun selesai dan ditutup doa.
            Selang beberapa menit setelah acara diskors sehingga peserta bisa menikmati hidangan yang telah diberikan. tibalah ke acara inti, dimulai dengan nara sumber yang pertama diwakili oleh Diskop. Beliau membeberkan tentang pentingnya pasar yang bersih, nyaman, tertib ukur. Hal ini dimaksudkan untuk menambah daya minat beli masyarakat ke pasar tradisional. Di sisi lain untuk menambah daya saing pasar tradisional dengan pasar semi moderen maupun pasar moderen karena dewasa ini masyarakat lebih senang berbelanja di mini market karena lebih bersih, nyaman, serta pelayanan yang lebih baik. Beliau menghimbau agar pelaku pasar tradisional untuk mengubah citra pasar tradisional yang identik dengan kumuh, bau, kotor, tidak bersahabat sehingga menjadi lebih baik.
            30 menit berlalu, nara sumber kedua mengambil alih podium, giliran dinas koperasi memberikan materi, beliau menekankan kepada peserta agar lebih memahami tentang AEC (Asean Economic Community) atau yang kita sebut dengan MEA (Masayarakat Ekonomi Asean). Hal ini dianggap perlu kareana di akhir 2015 program ini akan berjalan. Pedagang diharapkan bisa mengambil keuntungan dengan adanya MEA yaitu bisa melebarkan usaha ke negara-negara di kawasan Asean. Beliau mengingatkan kita jangan sampai menjadi korban dari MEA karena akan berdampak buruk bagi perekonomian negara kita.
            12:00 wib tibalah waktu untuk nara sumber yang berasal dari Dispenda, beliau memaparkan tentang APBD, target pajak, jenis pajak, dan hal lain yang terkait dengan retribusi. Nara sumber terakhir yang juga berasal dari Dispenda memaparkan tentang pentingnya pasar bersih dan nyaman. Beliau menunjukkan beberapa video dokumentasi dari berbagai macam pasar di luar negeri seperti thailand, korea, jerman, dan negara lain.
            Tidak terasa jam sudah menunjukkan 12:45 wib, disertai dengan ucapan terima kasih dari pembawa acara yang mewakili segenap panitia acara pun selesai. Dengan berbaris rapi para peserta bergantian keluar untuk pulang ke tempat masing-masing. Acara tersebut berjalan dengan sukses dan para panitia bergegas membereskan semua peralatan dan sampah-sampah di dalam gedung.

No comments: