Wednesday 3 September 2014

KOPERASI SIMPAN PINJAM "SUARA PASAR PAITON" BERSAMA PT. IPMOMI - PAITON ENERGY

LAUNCHING KSP SPP 
 (12 Mei 2014)
 
Ada pemandangan menarik saat berkunjung ke pasar paiton, kabupaten probolinggo. Beberapa lapak atau meja pedagang pasar rapi di depan sejumlah bedak dan toko.

Ya, sejak sekitar 6 bulan lalu, para pedagang sayur di pasa yang berdiri tahun 2000 itu tida lagi menggelar dagangannya di tanah. Dengan cara itu, pasar paiton jauh lebih rapi daripada sebelumnya. Bahkan, pasar paiton jadi lebih bersih, sehat, dan ramai pembeli.

Alhamdulillah, tahun ini pasar paiton menjadi juara pertama lomba kebersihan pasar sehat se-kabupaten probolinggo. Sementara tahun 2013, juara 3,” ujar murtade, koordinator pasar paiton.

Menurutnya, pengadaan 158 meja pedagang tersebut merupakan salah satu kegiatan CSR PT. IPMOMI – PAITON ENERGY melalui program “ Pasar Sehat bersama PT. Ipmomi – Paiton Energy”. Program itu memiliki berbagai tujuan strategis. Selain menata penampilan pasar agar lebih rapi dan bersih, juga bertujuan memberdayakan dan menguatkan ekonomi kerakyatan di pasar tradisional.

Bantuan 158 meja itu bentuknya hibah dari PT. Ipmomi – Paiton Energy kepada koperasi pasar paiton. Meja-meja tersebut kemudian dibeli oleh para pedagang. Dana hasil pembelian lantas dijadikan simpanan pook pedagang pasar paiton.

“harga satuannya Rp. 400 ribu. Karena inisebagai penguatan pasar, otomatis 158 pedagang itu menjadi anggota koperasi dan memilii simpanan pokok Rp. 400 ribu di koperasi.

Dan, koperasi bernama Koperasi Simpan Pinjam Suara pasar Paiton itu di- launching dengan dihadiri 50 anggota koperasi setempat. Hadir pula kasi penyuluhan dan SDM dinkop dan UKM kabupaten probolinggo josef teguh sulaksono, kabid P2P3 Dispenda kabupaten probolinggo M. Husni Nuruddin. Juga dihadiri jajaran pimpinan dan karyawan PT. Ipmomi – Paiton Energy dan Muspika Paiton.

Hari itu juga, Koperasi Simpan Pinjam Suara Pasar Paiton mencairkan pinjaman untuk tahap pertama kepada 50 anggotanya. Masing-masing dengan pinjaman Rp. 500 ribu. Hingga saat ini, KSP SPP telah mencairkan pinjaman kepada 10 anggotanya. Bahkan, sebagian ada yang mendapat pinjaman Rp. 2 juta.

Murtade menjelaskan, pedagang lain juga bisa mendapat pinjaman modal usaha dengan cara menjadi anggota dan memiliki simpanan pokok sebesar Rp. 100 ribu di koperasi. “masa pengembaliannya 10 minggu dengan bagi hasil kurang dari 2 persen,”tambahnya.

CHR Manager PT. Ipmomi Bambang Jiwantoro mengatakan, selain sebagai penguatan pasar, KSP SPP dibentuk untuk membantu pedagang pasar paiton mendapat pinjaman modal dengan jasa ringan. “harapan saya, dengan adnya meja-meja dagangan itu, pasar paiton lebih rapi, bersih, dan sehat. Imbasnya. Transaksi jual beli meningkat. PT Ipmomi – Paiton Energy telah menyusun program berkesinambungan bersama anggota pedagang pasar paiton,” katanya.                                           
          







No comments: