Wednesday 13 May 2015



LOMBA PASAR SEHAT 2015

April, bulan dimana lahirnya pahlawan emansipasi wanita yaitu R.A Kartini. Bulan yang memang identik dengan beliau. Tapi untuk Pasar Paiton ada sesuatu yang membangkan karena di bulan april 2015 pula pasar paiton berhasil menyabet juara 1 lomba pasar sehat  tingkat kabupaten yang diadakan oleh dinas kesehatan kabupaten probolinggo.
Minggu kedua dibulan april mungkin akan menjadi sejarah bagi pasar paiton karena berhasil meraih juara tersebut. Tim penilai yang dipimpin oleh jajaran dinas kesehatan kabupaten probolinggo serta diikuti oleh dinas pendapatan kabupaten probolinggo bergegas berkeliling di pasar paiton. Dimulai dari kantor pasar paiton tim berpencar untuk melakukan penilaian pasar sehat. Tim berpencar menjadi beberapa kelompok untuk menilai tentang kriteria pasar sehat. Ada beberapa kriteria sehingga suatu pasar layak dinobatkan menjadi pasar sehat, diantara MCK yang bersih, perilaku hidup sehat pelaku pasar, drainase yang baik, serta kriteria lainnya.
Pasar paiton sendiri memiliki infrastruktur yang cukup memadai, diantaranya MCK yang layak pakai, air bersih, wastafel untuk cuci tangan para pedagang, pemadam kebakaran, pengelompokan pedagang, program pengolahan sampah seperti pengolah sampah organic menjadi kompos dan bank sampah syari’ah paiton yang menangani sampah non organic, serta kader bersih yang terdiri dari unsur pedagang dan staf yang senantiasa menjaga kebersihan pasar paiton.
            Jika kita flashback tepatnya ditahun 2013 pasar paiton berhasil menyabet juara 3 pasar bersih tingkat kabupaten probolinggo, tahun 2014 tahun dimana pasar  paiton berhasil meraih juara pertama pasar terbersih se-kabupaten probolinggo, dan ditahun yang sama pasar paiton dinobatkan dalam forum kabupaten sehat se-jawa timur serta dijadikan titik pantau penilaian Adipura 2014-2015.
Keberhasilan pasar paiton meraih juara dalam pasar sehat kabupaten probolinggo tidak lepas dari dukungan pedagang, staf, pengunjung pasar paiton, serta PT. Ipmomi – Paiton Energy yang senantiasa mempunyai komitmen untuk menciptakan pasar paiton menjadi pasar yang bersih, nyaman, serta sejahtera. Hal ini tentunya senada dengan tujuan pemerintah daerah kabupaten probolinggo.

No comments: