Tuesday 17 February 2015



Minute of meeting
KOORDINASI
PENGELOLAAN SAMPAH DI KECAMATAN PAITON

20 januari 2015,
12.00 – 13.00 WIB
Peserta:
1.      Bambang Jiwantoro (IPMOMI)
2.      Yuyun (IPMOMI)
3.      Nina (IPMOMI)
4.      Murtadhe (Pasar paiton)
5.      Nurul Huda (Pasar paiton)
6.      A.Ubay (BLH)
7.      Sentot Triadi (BLH)

Hasil diskusi
·         Dalam diskusi dibahas keterkaitan antara pengelolaan Pasar sehat Paiton yang mulai Nampak hasilnya menjadi lebih baik, dengan di pilihnya pasar paiton sebagai salah satu titik pantau adipura, terlebih ada program bank sampah yang  menjadi salah satu point plus (inovasi) bagi criteria penilaian adipura.
·         Telah menjadi Itikad baik semua pihak untuk mewujudkan wilayah kecamatan paiton sebagi lingkungan yang bersih dan sehat, dalam hal ini sebelumnya antara BLH dengan pemerintah kecamatan telah berkoordinasi mencari solusi penanganan sampah di TPS Indomaret dan TPS Gudang Garam.
·         Dengan mensinergikan program pasar sehat paiton yang telah dilakukan oleh pihak dispenda dengan CSR IPMOMI, maka untuk pengelolaan sampah terpadu di pasar lama juga akan melibatkan BLH sebagai stakeholder utama dalam pengelolaan lingkungan hidup khususnya masalah persampahan di masyarakat.
·         Melalui program yang sudah berjalan (bank sampah) masayarakat sebagai produsen utama sampah (sumber masalah sampah) diharapkan dapat mengurangi volume/tonase sampah yang dibuang di TPS.
·         Rencana, TPS Indomaret akan di pindahkan ke pasar paiton lama, pemilihan lokasi sudah di diskusikan dengan pihak
·         Ukuran TPS yang akan dibangun 5 meter x 3 meter, sesuai dengan standart TPS
·         Sementara TPS akan dibangun, lokasi pasar lama akan di rapikan terlebih dahulu, sesuai dengan rencana pasar sehat-IPMOMI, dengan membangun taman dan tembok di bagian selatan.
·         Selanjutnya akan dilakukan koordinasi lebih lanjut antara PT IPMOMI-BLH terkait program pengelolaan sampah di Kecamatan Paiton.




No comments: