Wednesday 20 January 2016

Kota Kraksaan Raih Sertifikat Adipura


JAKARTA - Prestasi membanggakan kembali diukir oleh Kabupaten Probolinggo. Dimana Kota Kraksaan sebagai ibukota Kabupaten Probolinggo berhasil meraih penghargaan sertifikat Adipura tahun 2015 sebagai Kota Terbaik dalam Pengelolaan Lingkungan Perkotaan untuk Kategori Kota Kecil.

Sertifikat Adipura ini merupakan penghargaan kepada kota/ibukota kabupaten yang mengalami kenaikan nilai Adipura signifikan dibandingkan tahun sebelumnya. Penghargaan ini melengkapi prestasi sebelumnya. Dimana Kota Kraksaan mampu meraih penghargaan anugerah Adipura tahun 2008, 2009, 2010, 2012, 2013 dan 2014.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya kepada Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Probolinggo Anggit Hermanuadi pada malam Anugerah Lingkungan 2015 di Gedung Bidakara Jakarta, Senin (23/11). Dimana kegiatan ini dibuka oleh Wakil Presiden RI HM. Jusuf Kalla.

Kepala BLH Kabupaten Probolinggo Anggit Hermanuadi mengungkapkan bahwa keberhasilan meraih Sertifikat Adipura ini adalah keberhasilan bersama dan berkat kerja keras seluruh komponen masyarakat bersama pemerintah daerah.

“Prestasi membanggakan ini adalah keberhasilan seluruh rakyat Kabupaten Probolinggo. Semoga keberhasilan ini dapat menjadi motivasi untuk selalu menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan serta menjadikannya kebiasaan hidup sehari-hari,” ujarnya.

Menurut Anggit, penilaian Adipura tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Dimana terdapat pengetatan kriteria dalam rangka mendorong pemenuhan ketentuan Undang-undang Nomor 18 tahun 2008 tentang pengelolaan sampah. Yakni menggunakan kriteria TPA yang operasionalnya minimal memiliki lahan urug terkontrol.

“Intinya harus ada inovasi pengelolaan sampah pada TPA. Sehingga meskipun nilainya tinggi, namun nilai TPA-nya tidak memenuhi kriteria, maka tidak akan diberikan penghargaan Adipura,” jelasnya.

Sebenarnya saat ini TPA Seboroh Kecamatan Krejengan jelas Anggit sudah berbenah. Tetapi, saat tim penilai datang kondisinya masih dalam tahap persiapan pembangunan. Saat ini di TPA Seboroh sudah dibangun inseminator pembakaran sampah plastik, inseminator gas bio, pagar keliling dan tanaman perindang serta jalan masuk ke TPA Seboroh.

“Kami bersyukur atas diraihnya Sertifikat Adipura ini. Kami menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Kabupaten Probolinggo, khususnya Kota Kraksaan yang selama ini ikut peduli dalam menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan,” pungkasnya. (wan/abh)

No comments: