Monday 5 January 2015



Pedagang Pasar Paiton Terus Ditertibkan

Probolinggo, NRJ – Upaya penertiban untuk para pedagang terus dilakukan oleh pihak Pasar Paiton, Kabupaten Probolinggo. Penertiban terakhir dilaksanakan pada Kamis (25/4). Saat itu, sebanyak 20 bedak dan los ditertibkan. “Peraturannya kan satu orang pedagang hanya diperbolehkan memiliki satu bedak atau los, jadi kalau memiliki lebih dari itu, kami lakukan penertiban,” terang Nurul Huda, salah satu staf Pasar Paiton pada News Radar Jatim.

Sementara itu, Murtade selaku Koordinator Pasar Paiton ketika dimintai konfirmasi menerangkan, upaya penertiban yang dilakukan pihak pasar terhadap para pedagang sudah prosedural.  “Acuan kami berdasarkan peraturan Bupati Nomor : 02 tahun 2012 tentang petunjuk pelaksanaan retribusi pelayanan pasar dan penyelenggaraan tempat khusus parkir, Bab III pasal 4 ayat 1 dan pasal 5 serta Bab IV pasal 6 ayat 1 huruf C, ayat 2, ayat 4 dan ayat 5,” jelas Murtade, ketika ditemui di ruang kerjanya, (25/4).

Selain itu, masih menurut Murtade, pihak pasar tidak serta-merta langsung melakukan penertiban kepada para pedagang nakal yang melanggar peraturan, jauh hari sebelumnya teguran secara lisan dan surat peringatan dilayangkan kepada yang bersangkutan, baru setelah teguran itu tidak diindahkan, upaya penertiban akan dilakukan oleh pihak pasar dengan tetap berkoordinasi dengan Muspika dan dinas terkait. “Bukan cuma pedagang yang ditertibkan, areal parkir kendaraan dan becak pun juga kami tertibkan, hasilnya sekarang sudah ada tempatnya tersendiri,” paparnya.

Tak hanya gencar melakukan penertiban kepada pedagang, pembenahan pasar di bidang yang lain kini dilaksanakan di Pasar Paiton. Seperti, pengolahan sampah pasar untuk dijadikan kompos. Walau saat ini masih membutuhkan prasarana roda tiga untuk kelancaran program baru tersebut, namun langkah positif itu sudah berjalan. “Untuk sementara kami memakai gerobak seadanya, pathner kerja kami saat ini dengan Forum Petani Organik (FPO) Paiton, sambil menunggu tanggapan dari dinas pendapatan tentang program ini,” jelas Nurul Huda yang saat itu juga berada di ruang kantor Koordinator Pasar Paiton. (Full)

No comments: